Entries

cara membuat layer baru | create new layer




Minggu, 24 Juli 2011
Salam hangat para designer pemula(seperti saya, hehehe), dalam kesepatan kali ini saya akan share tentang cara membuat layer baru (create new layer). Yaa . . bagi para designer yang sudah berpengalaman mungkin ini tidak penting tapi apa salahnya kalian menikmati isi artikel tutorial photoshop label trick dasar ini dengan seksama. Hehehee
Apakah kalian sudah tau cara apa saja yang di gunakan untuk membuat layer baru? Yang tau ayo ceat acungin jempol nanti dapat permen. Hehehhehahahahaa.


Disini saya akan share cara-cara untuk membuat layer baru. Sebelum menjelaskan caranya alangkah baiknya kita memahami dulu apa arti layer, Menurutku layer adalah sebuah canvas dimana bagi kita para designer photoshop untuk menuangkan dan mengekspresikan ide kreatif kita. Itu menurutku, apa menurutmu? Hehehehahhaa.

Dalam pembuatan layer baru mempunyai 4 macam bentuk pembuatan dan tentunya dengan cara membuat yang berbeda-beda. Baiklah tanpa panjang lebar mari kita cari tahu ,,

Layer (normal)
Mengapa di atas saya sebutkan normal? Karena dalam pembuatan layer baru ini kita tidak merubah apapun saat pengeditan berlangsung. (tanya sendiri di jawab sendiri, gimana saya ini :D). ada 3 cara untuk membuat layer baru ini.

Cara Pertama, dengan menekan Shift + CTRL + N.
Cara Kedua, sekarang lihat bilah layer kalian kemudian klik pada area yang bertanda di bawah ini.
Yang ketiga, sorot menu Layer pada menu bar -> pilih new -> pilih layer…

 
Background From Layer.
Dalam pembuatan layer ini kita akan mengubah sebuah object yang berbentuk background menjadi sebuah layers. Contohnya ketika kita ingin menambahkan foto pada suatu editan kita, kita akan mengalami kesulitan untuk memindahkan foto tersebut jika kita tidak merubahnya menjadi layers. Maka dari itu ada layers from background ini.
Cara membuatnya pilih menu Layer pada menu bar -> New -> Background From Layer .



Layer via copy
Seperti namanya layer ini di buat dalam bentuk duplicate dari induk layernya. Bukan dalam bentuk minuman copy masbro hehehhee. Ada dua cara untuk membuat layer via copy ini.
Cara Pertama, tekan Ctrl + J.
Cara Kedua, pilih menu Layer pada menu bar -> Pilih New -> Layer Via copy.
 
Yang terakhir, Layer via cut
Dalam pembuatan layers ini kita memotong bagian dari layers induk untuk membuat layer baru. Contohnya, ketika kita menandai beberapa permukaan object kita dengan marque tool atau pen tool setelah kita putuskan untuk membuat layer via cut maka bagian yang kita tandai tadi akan membentuk layer baru dan terpisah dengan layer barunya. Otomatis pada bagian object yang di buat layer via cut tadi hilang atau terhapus.
Seperti halnya layer via copy, layer via cut juga mempunyai 2 cara.
Cara Pertama, dengan menekan Shift + Ctrl + J
Cara Kedua, pilih menu Layer pada menu bar -> pilih New -> layer via cut.

 semoga bermanfaat,

1 komentar:

Bayu Armin on: 11 September 2012 19.02 mengatakan...

nice inpo sob .

Posting Komentar

 

Kirim artikel design di e-mailmu gratis!

Followers

Copyright © 2010 • Indoindesign • All rights reserved