Entries

cara membuat simple grafity




Rabu, 27 Juli 2011
heyyy. . jumpa lagi kita. Dalam tutorial photoshop kali ini, saya akan berbagi tentang cara membuat grafity dengan adobe photoshop. Cara membuat grafity dengan adobe photoshop ini sangat simple sih . . hanya cukup memainkan mode layer dan prespectivenya saja. Jadi bagi para pemula designer photoshop kayak saya, wajib mencoba tutorial di bawah ini!!! Hehehee


lihat gambar di atas awal halaman ini. Tampak seperti tembok yang di lukis oleh para bomber(sebutan orang yang biasa menggambar grafity) kan? Padahal tuh cuman hasil editan dengan photoshop. Hehehhee

Biasanya editan seperti ini di gunakan untuk organisasi-organisasi, perusahaan, group dan lain-lain untuk mempercantik logonya. Jadi bagi anda yang mempunyai organisasi/group atau bahkan geng di sekolah, bisa juga nih mencoba bikin logonya tampil kayak grafity asli. Keren kan kalau di kiranya nama geng mu ada di setiap sudut tembok kota. Hahahhaa. . .penguasa banget tuh.

Cara membikin grafity dengan adobe photoshop cukup membutuhkan dua hal.(program adobe photoshopnya yang wajib punya, kalo bisa versi cs3 ke atas).

Pertama, membutuhkan logo yang akan di tampilkan seperti grafity.(paling bagus kalau background logonya transparent). Baca cara membuat background transparent.

atau baca juga tutorialnya di blog saya yang lama cara membuat background transparent

sekarang langkah Kedua, siapkan foto tembok.

Tak perlu susah-susah lah anda beli air-brush untuk membuat grafity, mengeluarkan uang banyak untuk membeli perlengkapan-perlengkapan lainnya Dan tak perlu juga anda di kejar-kejar oleh petugas penertiban karena mencoret-coret tembok pinggir jalan. Hehehehhee

Gimana tertarik untuk membuatnya? Baca dan praktekkan tutorial di bawah ini.

Langkah pertama, sediakan bahan-bahan yang di perlukan. Dalam tutorial kali ini saya memakai foto tembok  dan logo di bawah ini.
Foto tembok
 
Dan logo blogku yang lama -> karyaku sendiri.(pamer nih . . hhehehe)

Langkah ke dua, jalankan program adobe photoshop lalu buka foto dan logonya. Untuk mempermudah pengeditan. Ketika sudah anda buka foto dan logonya seret jendela logo keluar, agar jendela logo dan tembok dalam satu tampilan. lihat gambar di bawah untuk lebih jelas.
 
Keterangan
-          Klik dan tahan pada area yang di kelilingi oleh bangun persegi panjang yang bewarna hitam, lalu geser keluar sesuai tanda panah berwarna hitam dan lepaskan.

Setelah anda berhasil melakukan hal di atas maka hasil tampilan pada layar akan seperti ini.
 Langkah ketiga, fokuskan pengeditan pada logo. Pindahkan layer logo ke layer foto tembok. Caranya dengan meng klik dan tahan layer logo, lalu lepaskan pada saat berada di layer foto tembok. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.
Penjelasan:
-          Klik dan tahan pada area yang becoretan tanda silang hitam, lalu arahkan mouse ke area bercoretan merah dan lepaskan.
Hasil pemindahan akan seperti gambar di bawah ini. 

Wahh . . masih gag enag di pandang tuh. .
Mari kita rubah posisi logonya biar kelihatan tampak nyata. Dalam hal ini akan menggunakan prespective. lihat cara merubah prespectivenya di bawah ini.
-          klik menu edit pada menu bar
-          pilih transform
-          klik prespective
 
Lalu atur posisinya agar kelihatan tampak nyata. Perhatikan perubahan kecil yang saya lakukan dengan memainkan prespective.
gambar sebelum di atur prespectivenya

Gambar sesudah di atur prespectivenya.
 
Penjelasan:
Perhatikan pada persegi hitam. Gambar sebelum di prespective tampak kaku dan tidak menyatu pada temboknya. Tetapi pada gambar yang sudah di atur prespectivenya akan tampak menyatu dengan tembok dengan mengikuti posisi tembok yang agak miring ke kiri sehingga gambarnya pun tampak lebih nyata.

Nahhh . . kita sampai di sentuhan akhir.
Sentuhan akhir, fokuskan pengeditan pada layer logo yang sudah anda pindah tadi. Ubah mode layer normal menjadi mode overlay. YEAH!! Sudah jadi grafity nya sob!!.
Untuk lebih jelasnya ikuti petunjuk di bawah ini.

-fokuskan pengeditan pada layer logo(layer1).
 ubah mode layer logo dari mode normal menjadi Overlay
 
Klik pada menu dropdown(area yang di lingkari). Lalu akan keluar jendela seperti gambar di bawah ini lalu pilih overlay.

Setelah anda berhasil. Maka hasil tampilan menu layernya akan seperti ini.

Dan akhirnya. . . lihat tampilan logo anda sekarang, logonya sudah menyatu dengan tembok kan?
Jika anda berhasil melakukan semua langkah-langkah di atas maka hasil akhirnya akan seperti gambar  di bawah ini


 
Untuk mempermudah kalian mencoba nya di rumah. saya juga menyediakan foto tembok yang bisa anda download di link-link berikut.

Tinggal klik kiri pada foto/logo yang muncul lalu pilih  save as. Foto dan logonya akan tersimpan di PCmu.
Selamat mencoba, (tutorial ini di ambil dari blogku yang lama dhiibhiehh)

langganan gratis-gratis. . 


Gratis Langganan Via E-mail dan langganan Via RSS

0 komentar:

Posting Komentar

 

Kirim artikel design di e-mailmu gratis!

Followers

Copyright © 2010 • Indoindesign • All rights reserved