Entries

cara membuat matrix




Kamis, 28 Juli 2011
Alhamdulilah wasyukurillah setelah bermalas-malasan mengetik tutorial ini akhirnya ada semangat juga.
Seperti judulnya cara membuat matrix tentunya tutorial ini akan menjelaskan tentang cara membuat matrix. Sudah pernah lihat film matrix kah? Hehehee. Pada waktu ekstra filmnya kan ada tulisan hijau berjatuh-jatuhan gitu ya? Lhaa .. kita akan membuat seperti itu tapi dalam format foto bukan videonya.

Tentunya sebelum kita membuat matrix. Kita buat dulu textnya, tentunya dnegan font yang khas matrix atau mesin.

anda punya font seperti itu kah? Kalau belum punya baca cara memperoleh font khas matrixnya disini.
Gimana sudah bisa membuat fontnya? Langsung aja ya ke tutorial matrixnya.

Langkah pertama, tentunya anda sudah menjalankan program adobe photoshopnya. saya sarankan adobe photoshop versi cs5 atau cs4. Sekarang buat file baru dengan ukuran 1280px x 720px dan background bewarna hitam.

(baca cara membuat file baru disini)

Langkah ke ke dua, sekarang gunakan Vertical Type Tool pada bilah Option atur ukuran huruf menjadi 6pt dan bewarna hijau khas matrix.

Sekarang tambahkan text matrixnya ke dalam background yang bewarna hitam tadi. Jika anda berhasil tampilannya akan seperti ini.


(cara menambahkan text disini)

Langkah ketiga, untuk memudahkan pengeditan sekarang lihat window layer anda. Ubah nama layer text yang baru anda buat menjadi Text 1 lalu duplicate layer tersebut sebanyak 3 kali dan rubahlah nama layer text 1 copy 1, text 1 copy 2 dan text 1 copy 3, masing-masing menjadi Text 2, Text 3 dan Blur.

Langkah ke empat, sekarang fokuskan pengeditan pada layer Text 2. Pada window Character ubah ukuran huruf pada layer text 2 menjadi 8pt dengan hanging 10px.
  
Langkah ke lima, fokuskan pengeditan pada layer Text 3. Pada window Character ubah ukuran huruf pada layer text 3 menjadi 10pt dengan hanging 25px.

Langkah ke enam, untuk memperoleh efect berjatuhan maka kita gunakan effect blur. Dalam tutorial kali ini kita akan memakai Motion Blur. Sekarang Rasterize layer text blurnya.

(cara merasterize baca disini)

Setelah kamu Rasterize sorot layer Blur kemudian pilih menu Filter pada menu bar -> Blur..-> Motion Blur.

Lalu atur sudut blurnya menjadi 90 derajat dan distancenya 40px.


Hasil dari langkah 4, 5 dan 6 seperti di bawah ini. (Matrixpun terselesaikan heheehehe.)

Sekarang langkah pilihan, pada langkah terakhir ini jika anda lakukan tidak papa, tidak anda lakukan juga tidak papa. Hehehe jadinya terserah anda, kan matrixnya sudah jadi. Hehehe
Langkah terakhir, Effect pencahayaan.
Sekarang buatlah layer baru dengan nama lightning. Kemudian ubah mode layer tersebut menjadi Overlay.
(baca cara membuat layer baru)
Sekarang gunakan Brush Tool berwarna putih lalu brush pada bagian yang anda ingin terlihat terang.

























Semoga bermanfaat, 
apa tutorial selanjutnya?

Gratis Langganan Via E-mail dan langganan Via RSS

3 komentar:

OEN-OEN on: 30 Juli 2011 13.38 mengatakan...

mantap nih buat tutornya photoshop, dhib request buat tutorial buat template dong, ditunggu ya ^_^, jadi pingin bisa buat template sesuai keinginan nihhh...

dhiibhiehh on: 30 Juli 2011 13.48 mengatakan...

makasih kak . .
hmmmm . . ya insyaallah tag buatin kak. . tapi sabar menunggu ya kak . .:)

Error Shinobi on: 19 Oktober 2011 08.53 mengatakan...

saya dlu bisa buat gini..
tapi skrng dah lupa ... :D

Posting Komentar

 

Kirim artikel design di e-mailmu gratis!

Followers

Copyright © 2010 • Indoindesign • All rights reserved